Latihan 6 Metode Perancangan Program

PROGRAM MENU PERHITUNGAN LUAS DAN KELILING



Membuat Pseodecode,Flowchart dan Program Menu Menghitung Keliling dan Luas dari:
  1. Segitiga
  2. Persegi
  3. Persegi Panjang
  4. Bujur Sangkar

JAWABAN :

Pseodecode

Start

Deklarasi
{  
    int pilihan1,pilihan2,i;
    float luas,alas, tinggi, sisi, panjang, lebar, r,s,keliling,sisi2,sisi3;
    char status1,status2,status3;

}

Deskripsi
{ Input pilihan Program
   if(status2 =='l' || status2 =='L')
goto b;
   if(status3 =='k' || status3 =='K')
goto c;
else
goto end;

  Switch pilihan 1 //program menghitung luas
  case 1 = menghitung segitiga (luas=alas*tinggi/2 )
  case 2 = menghitung persegi ( luas=sisi*sisi)
  case 3 = menghitung persegi panjang ( luas=panjang*lebar)
  case 4 = menghitung bujur sangkar (luas=sisi*s)
  
  Switch pilihan 2 //program menghitung luas
  case 5 = menghitung segitiga (keliling=sisi+sisi2+sisi3 )
  case 6 = menghitung persegi ( keliling=sisi*4)
  case 7 = menghitung persegi panjang ( keliling= 2*(panjang+lebar) )
  case  8= menghitung bujur sangkar (keliling= 4*sisi)
 Cetak hasil
 inputkan lagi? //looping kembali ke menu.
 if(status1 =='y' || status1 =='Y')
    goto a;
    else
    goto end;

END

FlowChart



















PROGRAM

#include <iostream>
#include <string.h>
#include <conio.h>
#include <windows.h>


int main()
{
    int pilihan1,pilihan2,i;
    float luas,alas, tinggi, sisi, panjang, lebar, r,s,keliling,sisi2,sisi3;
    char status1,status2,status3;

    cout<<"========MENU PERHITUNGAN SKRUY.BLOGSPOT========"<<endl;
    cout<<"==============RENDY FIRMANSYAH============="<<endl<<endl;

    cout<<"***************[PILIHAN LUAS]**************"<<endl;
    cout<<"1. Menghitung Luas Segitiga"<<endl;
    cout<<"2. Menghitung Luas Persegi"<<endl;
    cout<<"3. Menghitung Luas Persegi Panjang"<<endl;
    cout<<"4. Menghitung Luas Bujur sangkar"<<endl;

    cout<<"**************[PILIHAN VOLUME]**************"<<endl;
    cout<<"5. Menghitung Keliling Segitiga"<<endl;
    cout<<"6. Menghitung Keliling Persegi"<<endl;
    cout<<"7. Menghitung Keliling Persegi Panjang"<<endl;
    cout<<"8. Menghitung Volume Bujur sangkar"<<endl;

   a:
cout<<"\n\n Pilihan Menu ? (Luas=l / Keliling=k) : "; cin>>status2;
   cout<<"\n\n Pilihan Menu ? (Luas=l / Keliling=k) : "; cin>>status3;
   if(status2 =='l' || status2 =='L')
goto b;
   if(status3 =='k' || status3 =='K')
goto c;
else
goto end;

    b:
    cout<<"********************************************"<<endl<<endl;
    cout<<"Silahkan Pilih Program Menghitung Luas : ";
    cin>>pilihan1;

    switch(pilihan1){
    case 1 :
    cout<<endl<<"Program Luas Segitiga"<<endl;
    cout<<"Masukkan Alas segitiga : ";
    cin>>alas;
    cout<<"Masukkan Tinggi Segitiga : ";
    cin>>tinggi;
    luas=alas*tinggi/2;
    cout<<endl<<"Luas Segitiga = "<<luas<<" cm"<<endl;
    break;

    case 2 :
    cout<<endl<<"Program Luas Persegi"<<endl;
    cout<<"Masukkan Sisi Persegi : ";
    cin>>sisi;
    luas=sisi*sisi;
    cout<<endl<<"Luas Persegi = "<<luas<<" cm"<<endl;
    break;

    case 3 :
    cout<<endl<<"Program Luas Persegi Panjang"<<endl;
    cout<<"Masukkan Panjang Persegi Panjang : ";
    cin>>panjang;
    cout<<"Masukkan Lebar Persegi Panjang : ";
    cin>>lebar;
    luas=panjang*lebar;
    cout<<endl<<"Luas Persegi Panjang = "<<luas<<" cm"<<endl;
    break;

    case 4 :
    cout<<endl<<"Program Luas Bujur Sangkar";
    cout<<"Masukkan sisi : ";
    cin>>sisi;
    cout<<"sisi   : ";
    cin>>s;
    luas=sisi*s;
    cout<<endl<<"Luas Bujur Sangkar = "<<luas<<" cm"<<endl;
    break;

    default :
    cout<<endl<<"Pilihannya Cuman 1-4 looh"<<endl;
    }

    cout<<"\n\n Kembali Ke Menu? (yes=y / No=n) : "; cin>>status1;
    if(status1 =='y' || status1 =='Y')
    goto a;
    else
    goto end;

    c:
    cout<<"********************************************"<<endl<<endl;
    cout<<"Masukan Program Menghitung Keliling :";
    cin>>pilihan2;

    switch (pilihan2){

    case 5 :
    cout<<endl<<"Program Keliling Segitiga"<<endl;
    cout<<"Masukkan Sisi 1 Segitiga : ";
    cin>>sisi;
    cout<<"Masukkan Sisi 2 Segitiga : ";
    cin>>sisi2;
    cout<<"Masukkan Sisi 3 Segitiga : ";
    cin>>sisi3;
    keliling=sisi+sisi2+sisi3;
    cout<<endl<<"Keliling Segitiga = "<<keliling<<" cm"<<endl;
    break;

    case 6 :
    cout<<endl<<"Program Keliling Persegi"<<endl;
    cout<<"Masukkan sisi : ";
    cin>>sisi;
    keliling=sisi*4;
    cout<<"keliling Persegi = "<<keliling<<"cm"<<endl;
    break;

    case 7 :
    cout<<endl<<"Program Keliling Persegi Panjang"<<endl;
    cout<<"Panjang : ";
    cin>>panjang;
    cout<<"Lebar     : ";
    cin>>lebar;
    keliling= 2*(panjang+lebar);
    cout<<endl<<"Keliling Persegi panjang  = "<<keliling<<" cm"<<endl;
    break;

    case 8 :
    cout<<endl<<"Program Keliling Bujur Sangkar"<<endl;
    cout<<"Panjang Sisi : ";
    cin>>sisi;
    keliling= 4*sisi;
    cout<<endl<<"Keliling Bujur Sangkar  = "<<keliling<<" cm"<<endl;
    break;

    default :
    cout<<endl<<"Pilihannya Cuman 4-8 looh"<<endl;
    }
    cout<<"\n\n Kembali Ke Menu? (yes=y / No=n) : "; cin>>status1;
    if(status1 =='y' || status1 =='Y')
    goto a;
    else
    goto end;

{
   clrscr();
end:
cout<<"\n\n ===================================================";
cout<<"\n Terimakasih Atas Kunjungannya di Skruy.blogspot.com";
cout<<"\n =====================================================";
   }

getch();
}

TAMPILAN MENU & PERHITUNGAN PROGRAM














Komentar

  1. Semoga Bermanfaat Guys
    #ngoding_sampai_pusing

    BalasHapus
  2. Terima Kasih gann,
    karena postingan ini, saya tidak perlu pusing lagi menghitung luas & keliling bangun datar

    jangan forget visit blog saya : http://dwisproduction.blogspot.com/

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yoi udah ga jaman itung manual bro. Shiyaaap..

      Hapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Latihan 1 Permodelan Sistem Berbasis Objek

4 Jenis Jaringan Komputer

Latihan 2 Metode Perancangan Pemograman